Selasa, 12 Juli 2016

WISATA GRAFFITI DI BANDUNG

www.ericnoah.com
Seinget gue, dulu pernah suatu kali pas SMA, pada jaman itu di ajarkan pengertian Graffiti oleh guru seni, dan sampe sekarang masih nempel pengertiannya (walaupun tidak sama kata-katanya), alesan pengertian graffiti masih nempel adalah karena gue sangat menyenangi seni Graffiti ini sejak SMA, yang  sayangnya terhenti karena modal. Menggambar Graffiti di jalanan ini memerlukan modal yang tidak sedikit, a.k.a mending duit cat semprotnya dibeliin baso (perut lebih berkuasa dibanding otak kiri)
the yellow dino (dekat BNI pusat, Bandung)
Graffiti adalah menggambar dengan media tembok menggunakan cat semprot yang dilakukan dengan tergesa-gesa. Agak kurang relevan dengan jaman sekarang memang sih, sekarang seni graffiti berkembang dengan demikian hebat. Dulu penggiat seni Graffiti menggambar (ngebomb) secara ilegal, sembunyi-sembunyi dari kejaran sat pol PP, namun sekarang di beberapa kota besar di Indonesia, banyak yang melakukannya secara terang-terangan, siang-siang malah (cuma kendalanya panas doang sih).

bedlam (stasiun selatan K.A Bandung)

Bandung melahirkan banyak sekali penggiat seni Graffiti yang superduper keren banget! dari semenjak dulu banget, ada beberapa nama artist Graffiti terkenal sih dari Bandung, contohnya FAB (Flagrant Act of Bombing), The Yellow Dino, Eric Noah, Bedlam (eh bedlam dari Bandung bukan yak, hahaha),sekarang banyak berkembang artis Graffiti lainnya yang keren-keren, tapi yang gue ikutin sih itu tadi yang disebutin.

instagram-able, rite?
Kecenya spot-spot graffiti itu menurut gue adalah kalian tinggal geser beberapa langkah, eh udah nyampe gambar yang lainnya oleh artist yang lain, jadi dapet 2 gambar buat di posting di instagram, dan tentunya sangat berpotensi mendapat likes yang banyak (apalagi kalo cewe cantik atau cowo ganteng). Kadang bingung juga sama instagram ya, cewe cantik ngupload foto sendal jepit yang likes bisa ribuan, coba kalo gue yang upload sendal jepit, pasti dikomen : "dapet dari masjid mana tuh?"




sebelah Paskal Hyper Square, Bandung
























Nah dari 3 foto diatas, ini lokasinya sering banget gue lewatin, dulu pas jaman kuliah dari asrama menuju kampus pasti akan lewat sini, tapi yang jadi pertanyaan gue dari dulu sampe sekarang tiap liat Graffiti di tempat itu adalah: itu mau ngebomb di tempat itu gimana caranya coba, lewatnya lewat mana? masih ga ngerti mereka yang ngebomb disitu lewat mana,apakah loncat atau lewat kolong jembatannya atau lewat perkampungan belakang?hehehe,  tapi di tempat itu memang jadi salah satu spot favoritnya bomber-bomber sepertinya, gambarnya keren-keren abis!

Jalan Naripan, Bandung
Hal yang keren lagi dari pergerakan Graffiti di Indonesia (khususnya di Bandung) sekarang adalah mereka menggambar sudah sangat realistik, sangat mirip dengan aslinya, aduh kalo dulu mah 2 dimensi, tapi sekarang? WOW! gila-gila karyanya.. i was wondering, how's they do the paint? they are really talented, and superduper cool!!

Noah x Bedlam
Memang sih banyak sekali perdebatan mengenai Graffiti, apakah jadi polusi visual ataukah malah visual jalanan jadi lebih menarik? Graffiti itu ilegal, namun banyak juga yang setuju kalau gambarnya bagus, kalau di tempat-tempat tertentu yang bukan bangunan heritage, tapi kalau yang asal curat-coret ga jelas, itu baru yang ilegal.

Tapi kita tinggalkan dulu perdebatan yang ga bakal pernah habis-habis itu, let's enjoy the huge, the cool, the good quality picture of Graffiti in Bandung
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar